Breaking News! Alaska Diguncang Gempa 7 SR, Berpotensi Tsunami

Ditulis oleh: -

Jalan di Anchorage, Alaska, rusak setelah diguncang gempa Sabtu (1/12/2018) WIB. Foto/Twitter @Jlennyb

Peringatan tsunami baru saja berlaku untuk wilayah pesisir Semenanjung Kenai, Alaska.

Peringatan itu muncul menyusul gempa bumi berkekuatan 7 SR yang menimpa kawasan tersebut.

Semoga bencana ini tak menelan korban...

Dilansir dari ABC News, Sabtu (1/12/2018) Gempa tersebut terjadi di sekitar 7,5 mil sebelah utara kota. Pejabat US Geological Survey melaporkan warga di terdampak gempa harus bersiap-siap untuk gempa susulan.

NWS dan National Oceanic Atmospheric Administration mengeluarkan peringatan tsunami untuk beberapa bagian di Alaska. Tetapi di negara bagian sekitarnya tidak menerima peringatan serupa.

Gempa tersebut menyebabkan puing-puing berjatuhan, bangunan rusak, dan terjadi kerusakan infrastruktur besar. Belum diketahui ada atau tidaknya korban, tetapi polisi daerah Anchorage mendesak warga untuk tetap waspada.

"Ada kerusakan infrastruktur besar di Anchorage. Banyak rumah dan bangunan rusak. Banyak jalan dan jembatan ditutup. Menjauhlah dari jalan jika Anda tidak perlu menyetir, carilah tempat berlindung. Periksa lingkungan Anda dan orang terdekat," ujar pejabat kepolisian.

Mengutip CNN, gempa itu melumpuhkan kantor perwakilan CNN di sana. "Barang-barang berjatuhan," ujar Direktur Pemberitaan CNN, Tracy Sabo.


Sebuah mobil terdampar di jalan yang runtuh di dekat bandara pasca gempa di Anchorage. (dok. Reuters)

Beberapa gambar yang tersebar di media sosial memperlihatkan kekacauan yang diakibatkan gempa tersebut. Termasuk di antaranya anak-anak yang berlindung di bawah meja dan barang-barang yang berjatuhan.

The US Geological Survey melaporkan setidaknya telah terjadi empat gempa susulan menyusul gempa pertama. Yang terbesar terjadi di Kota Anchorage dengan magnitudo 5,8 SR.

Sementara dikutip dari ky News, Alaska bagian selatan memiliki risiko tinggi gempa bumi.

Pada 27 Maret 1964 silam, Alaska pernah dilanda gempa berkekuatan 9,2 SR yang tercatat sebagai gempa terkuat sepanjang sejarah Amerika.

Gempa yang berpusat di antara Anchorage dan Valdez, Alaska berdurasi empat menit itu menewaskan sedikitnya 136 orang. Lima belas akibat gempa, dan 124 lagi akibat tsunami yang menyeret gelombang hingga California.

Dimanapun gempa ini berada, semoga tak lagi menimbulkan korban jiwa.